Novisiat

Novisiat adalah masa para Novis mulai memasuki hidup religius sebagai Oblat dan untuk dibimbing membuat keputusan dengan mengikrarkan kaul di hadapan umum menjadi anggota Kongregasi Misionaris Oblat Maria Imakulata. Di bawah bimbingan Magister Novis, para novis berusaha memahami makna hidup yang dikuduskan. (K.55)

Secara khusus, Novisiat Oblat adalah inisiasi dalam mengikuti Kristus sang Misionaris, dalam jejak para Rasul, yang hidupnya dengan Yesus menjadi model hidup kita, untuk ikut berperan serta dalam misi-Nya mewartakan Kabar Gembira kepada orang miskin dan terlantar dalam persatuan dengan Maria. (PUPO. 226)

Demi tercapainya tujuan masa novisiat di atas, para Novis diharapkan:

  1. Dengan gembira dan sukarela mengambil bentuk kehidupan Yesus sebagaimana diwartakan dalam Injil dan surat-surat rasuli.
  2. Memelihara keheningan batin agar dapat lebih mudah mengenal gerakan dan bimbingan Roh Kudus dalam mengenal “Siapakah Allah itu” dan dalam refleksi dan evaluasi diri terus menerus.
  3. Membentuk diri sebagai seorang Oblat dengan menyerap kharisma Oblat sebagaimana terekam dalam sejarah Bapak Pendiri dan Kongregasi serta pendalaman Konstitusi dan Aturan OMI.
  4. Mengembangkan kehidupan batin dengan semangat menyangkal diri, hidup sederhana, bekerja keras dan menghayati misteri salib Yesus dengan sepenuh hati.
  5. Mengembangkan semangat pelayanan dengan menjalankan tugas-tugas komunitas sepenuh hati.
  6. Menjalani hidup dan program novisiat dengan sungguh-sungguh untuk tumbuh dalam iman, harapan dan kasih, terutama melalui:
    • Mengembangkan hubungan pribadi dengan Yesus Kristus.
    • Secara bertahap masuk dalam misteri keselamatan melalui liturgi dan doa.
    • Terbiasa mendengarkan dan merenungkan Sabda Tuhan dalam Kitab Suci.
    • Menemukan Dia dalam Ekaristi.
    • Mengenal Dia dalam kehadiran pribadi lain maupun peristiwa-peristiwa.
    • Merenungkan peran Tuhan dalam hidup dan misi Pendiri, Sejarah Kongregasi dan Tradisi Oblat.
    • Menyadari tuntutan panggilan sebagai misionaris dan kehidupan komunitas religius apostolik.
  7. Siap untuk mengikrarkan kaul-kaul hidup religius dalam Kongregasi Misionaris OMI dan memilih Komunitas Apostolik sebagai bentuk kehidupannya dalam mengikuti Kristus.

Tahap Pendidikan masa Novisiat

  1. Kanonik (1 tahun penuh: April – Maret)
    Para Novis tinggal bersama di dalam komunitas didampingi oleh Magister Novis. Secara integral mereka mengembangkan diri dalam bidang kerohanian, kepribadian, intelektualitas, pastoral misioner dan hidup bersama. Mereka berkanjang dalam doa, karya dan refleksi untuk menjalin relasi personal dengan Tuhan Yesus Kristus yang memanggil mereka. Secara khusus mereka mempelajari dan mendalami hidup doa, spiritualitas Kongregasi dan hidup religius. Di akhir masa Novisiat mereka membuat keputusan untuk hidup sebagai religius misionaris dengan mengucapkan kaul-kaul kebiaraan untuk yang pertama kali.
  2. Pengalaman Misioner (2 bulan: April – Mei)
    Bagi mereka yang sudah mantap ingin hidup sebagai seorang misionaris religius akan memperoleh kesempatan untuk mengalami realitas hidup komunitas karya misi. Mereka akan tinggal di sebuah komunitas OMI dan terlibat secara terbatas dalam dinamika hidup komunitas setempat. Mereka akan melihat, merasakan dan mengalami secara langsung bagaimana konkretnya pilihan hidup mereka. Melalui refleksi mereka menegaskan bahwa keputusan yang mereka pilih adalah yang terbaik.
  3. Persiapan Kaul Pertama (1 bulan: Juni – Juli)
    Setelah menyelesaikan masa pengalaman misioner dan merenungkannya, dan keputusan mereka sudah mantap menjadi Misionaris Religius OMI, mereka akan mempersiapkan diri untuk berkaul pertama. Mereka akan melaksanakan refleksi pribadi dan bersama secara intensif, melaksanakan retret terbimbing dan membuat persiapan administrasi yang diperlukan. Akhirnya dengan tegas mereka menyatakan diri sebagai Misionaris Religius OMI dengan upacara kaul pertama.

Para Magister Novis Yang Berkarya Di Novisiat OMI:

  • Pastor Petrus John McLaughlin, OMI (1977 di Cilacap)
  • Pastor John O’Doherty, OMI (1985-1996)
  • Pastor Gregorius Basir Karimanto, OMI (1996-2000)
  • Pastor Ignatius Yulianto, OMI (2000-2002)
  • Pastor Antonius Andri Atmaka, OMI (2002-2004)
  • Pastor F.X. Rudi Rahkitojati, OMI (2005-2012)
  • Pastor Antonius Andri Atmaka, OMI (2012- April 2015)
  • Pastor Antonius Sussanto, OMI (April 2015 – sekarang)