MALAM KUDUS PANDEMI 2020

Natal selalu menjadi moment sukacita bagi umat Kristiani. Kemeriahan dan sukacita Natal adalah moment yang dinantikan oleh orang Kristiani. Di tengah pandemi ini, umat Paroki St. Stephanus Cilacap merayakan merayakan natal tidak di Gereja, melainkan di rumah masing-masing bersama dengan keluarga dan mengikuti misa secara online. Ketidakhadiran umat juga membuat suasana Natal komunitas tahun ini menjadi lebih sepi dari sebelumnya. Dengan semangat cum sentire ecclesia (seperasaan dengan Gereja), komunitas Seminari Menengah OMI Yuniorat Beato Mario Borzaga berusaha tetap merayakan Natal dengan penuh sukacita. Komunitas memang diuntungkan sebab kendati terjadi pandemi, perayaan Natal bisa dirayakan secara meriah karena anggota komunitas cukup banyak. Tentu saja, merayakan Natal dengan meriah bukan berarti melupakan saudara-saudari yang tidak merayakan Ekaristi. Komunitas berusaha merayakan Ekaristi dengan sebaik mungkin sebagai rasa syukur dan sekaligus momen untuk mendoakan dunia dan juga negeri yang sedang terjangkit pandemi ini.

Misa Live Streaming bersama Keluarga Yuniores

Perayaan Natal dirayakan dengan meriah diiringi oleh Borzaga Choir, dan untuk menambah kemeriahannya, komunitas membuka link zoom agar keluarga para yuniores bisa turut bergabung dalam misa bersama komunitas yuniorat. Hal ini cukup mengobati rindu, meskipun tidak merayakan Ekaristi Natal bersama secara tatap muka. Kebersamaan dalam Ekaristi online bersama keluarga di rumah mereka masing-masing meneguhkan dan memberi semangat juga untuk semua anggota komunitas. Meskipun tidak semua keluarga bisa turut hadir di dalam misa online ini, tetapi kehadiran beberapa keluarga tersebut sudah meneguhkan segenap anggota komunitas sebab keluarga dari seorang Oblat adalah keluarga bagi oblat lainnya juga, begitu pula keluarga seorang yuniores juga menjadi keluarga segenap anggota komunitas. 

Para Seminaris Cilacap – Yuniorat OMI

Sukacita dan kebersamaan Natal yang cukup unik, merayakan Malam Kudus di tengah pandemi yang telah lama menjadikan dunia ini sunyi senyap dalam rumah masing-masing. Semoga Sukacita Natal dan semangat kelahiran Sang Juru Selamat meneguhkan harapan kita semua akan hidup yang lebih baik khususnya di masa pandemi ini. 

Petugas Liturgi Natal 2020

Dalam Yesus Kristus dan Maria Imakulata

Fr. Henrikus Prasojo, OMI