JAGA LINGKUNGAN, RAWAT KEHIDUPAN

“Gerakan peduli lingkungan sudah terjadi di sejumlah daerah sebagai salah satu upaya merawat bumi ini. Paus Fransiskus mengajak seluruh umat manusia untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan dan generasi selanjutnya….”

Bumi saat ini mengalami degradasi luar biasa. Kerusakan dan pencemaran lingkungan terjadi hampir di setiap negara. Berbagai gerakan melestarikan lingkungan dilakukan untuk mencegah dan merawat lingkungan agar tetap lestari. 

Salah satu aksi menyelamatkan lingkungan dilakukan oleh warga Seminari Tinggi OMI dengan menanam tanaman. Tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami. Selain itu, tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah bagi lingkungan. Melalui sistem kerja dan komitmen bersama, warga seminari sepakat agar kegiatan peduli lingkungan menjadi bagian dari cita-cita komunitas. 

“Hal ini saya lakukan sebagai bentuk pelayanan kepada Tuhan, Gereja, dan sesama lewat tindakan kecil dan sederhana saja. Saya prihatin dengan kondisi bumi saat ini terutama pencemaran tanah. Saya ingin terlibat dalam merawat bumi salah satunya dengan menanam tanaman,” ujar Fr. Natan, salah seorang warga seminari saat diwawancarai di Seminari Tinggi OMI, Selasa (9/1/2021).. 

Paus Fransiskus dalam Ensikliknya “Laudato Si”, menekankan betapa pentingnya merawat ibu bumi yang telah rusak akibat ulah manusia. Paus mengajak agar kreativitas dan kemurahan hati ditumbuh kembangkan sebagai tindakan ekologi sehari-hari di lingkungan dimana kita tinggal. 

 “Upaya menjaga kelestarian lingkungan terus diusahakan oleh warga Seminari sebagai komitmen dan cita-cita bersama. Bumi yang adalah titipan Tuhan bagi manusia perlu untuk terus dijaga keberlangsungannya,” tambah Fr. Agung OMI ketua bidang Pertanaman dan Perkebunan Seminari. 

Terkait hal ini, situs resmi World Environment Day mengatakan bahwa, “Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan iklim yang membuat planet kita layak huni, semuanya berasal dari Alam. Alam mengirimkan pesan bahwa untuk menjaga diri, maka kita juga harus memelihara alam”. Mari kita jaga lingkungan kita mulai dari tindakan kecil dan sederhana demi menjaga kehidupan dan generasi selanjutnya.

by: Fr. FX Togar Mulya Nainggolan, OMI