HARMONI DALAM SEMINARI MENENGAH BEATO MARIO BORZAGA – CILACAP

Borzaga Choir – Seminari Menengah Beato Mario Borzaga

“QUI BENE CANTAT, BIS ORAT”

St. Agustinus

St. Agustinus pernah berkata, β€œQui bene cantat, bis orat”. Ungkapan latin ini berarti, β€œIa yang bernyanyi dengan baik sama dengan berdoa dua kali.” Ungkapan ini mau mengatakan bahwa ketika kita dapat melambungkan pujian dan nyanyian dengan indah bagi Tuhan, maka nyanyian indah itu dapat menjadi persembahan indah bagi Tuhan.

Untuk memeriahkan suasana liturgi dan perayaan Ekaristi di dalam komunitas Seminari Menengah Beato Mario Borzaga – Yuniorat OMI sejumlah anak yang memiliki hobi menyanyi membentuk sebuah kelompok koor bernama Borzaga Choir. Inisiatif muncul dari para seminaris yang memiliki keinginan untuk melayani Perayaan Ekaristi lewat suara dan nyanyian mereka. Saat ini Borzaga Choir beranggotakan 12 orang. Kelompok ini juga dibentuk bagi mereka yang ingin memperdalam keterampilan bernyanyi, dan selalu terbuka untuk anggota baru asalkan ada niat dan komitmen untuk berlatih bersama. Tak jarang mereka meluangkan waktu pribadi mereka untuk bersama-sama berlatih lagu-lagu baru untuk dinyanyikan, walaupun begitu, mereka tetap bersemangat untuk berlatih bersama demi pelayanan Ekaristi yang lebih baik.

Secara rutin, Borzaga Choir melayani Perayaan Ekaristi di Komunitas Seminari Menengah Beato Mario Borzaga – Yuniorat OMI, khususnya pada moment-moment special komunitas seperti Natal, Tahun Baru dan juga Hari Raya Kongregasi lainnya. Sampai hari ini, Borzaga Choir telah melayani banyak moment komunitas seperti Hari Penerimaan Yuniores baru, Perayaan 25th Kanonisasi St. Eugenius de Mazenod, Misa serah terima jabatan Direktur baru, dan misa malam Natal. Komunitas ini juga pernah melayani Misa new normal Novena Hati Kudus di Taman Rohani Taroangro, Wonosobo. Sambil memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, melayani umat yang hadir di Taman Rohani tersebut. 

Kelompok ini baru berjalan selama 6 bulan. Semoga sampai seterusnya kelompok ini dapat terus memeriahkan Perayaan Ekaristi di Seminari Menengah Beato Mario Borzaga – Yuniorat OMI dengan baik, memberikan harmoni terindah di seminari, bagi kemuliaan Tuhan. 

Dalam nama Yesus dan Maria Imakulata

Fr. Henrikus Prasojo, OMI