DAYS OF RELAX-nya PARA SEMINARIS CILACAP

Di Pantai Pangandaran

‘Komunitas menawarkan kepada anggotanya kesempatan untuk rekreasi, istirahat dan relaksasi….’

Aturan Hidup OMI No. 39b

Selama pandemi ini, komunitas tidak pernah pergi-pergi keluar komplek Seminari Menengah OMI Yuniorat Beato Mario Borzaga. Ada keprihatinan dari Rm. Rukmono, OMI selaku Direktur Yuniorat (waktu itu – sekarang sudah ganti Rm. Wahyu) untuk bisa mengajak anak-anak Yuniores sejenak refreshing dan rekreasi. Untuk itu saya diminta Romo Rukmono untuk mensurvei Pantai Pangandaran dan Hotel Bintang Laut yang dikelola OMI Distrik Purwokerto, apakah aman dari Covid dan jauh dari kerumunan. Setelah survei tersebut, protokol kesehatan dijamin aman, dan tidak ada kerumunan yang begitu banyak, sehingga diputuskan pada tanggal 4-5 Desember 2020 komunitas akan rekreasi di Pantai Pangandaran Jawa Barat selama dua hari satu malam. 

Outbond – Team Building

Rekreasi tersebut tidak hanya sebagai rekreasi biasa. Rm. Rukmono dan saya berusaha menyediakan sebuah kesempatan untuk para yuniores mengembangkan team building diantara mereka. Maka di hari pertama, setelah sampai di Pangandaran, para yuniores dibagi dalam kelompok dan bermain permainan outbond yang membantu mereka mempererat relasi dan kerjasama sebagai komunitas. Setelah permainan selesai, semua anggota komunitas menikmati indahnya Pantai Pangandaran hingga matahari terbenam. Di malam hari, setiap kelompok menampilkan kreativitas mereka dalam rekreasi bersama. 

Malam Kreativitas Kelompok

Di esok harinya, setelah doa pagi, komunitas kembali menikmati indahnya pantai Pangandaran dan sampai siang, acara ditutup dengan Perayaan Ekaristi. Sungguh pengalaman yang sangat disyukuri, dapat berekreasi bersama dan yang terpenting, semuanya aman dari bahaya Covid-19. Semoga pandemi ini segera berlalu agar semakin banyak momen kebersamaan seperti ini dapat dilakukan dalam komunitas. 

Dalam Yesus Kristus dan Maria Imakulata

Fr. Henrikus Prasojo, OMI

Penulis sedang menjalani masa Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di Seminari Menengah Beato Mario Borzaga, Yuniorat OMI – Cilacap